MENUMBUHKEMBANGKAN KREATIFVITAS KEPEMIMPINAN SISWA

Posted: June 20, 2010 in BLOG WRITING

Dalam Kepemimpinan Siswa selain dibutuhkan kemampuan untuk memimpin, juga diperlukan kreatifitas sebagai motivator penunjang keberhasilan kepemimpinan. Peningkatan kemampuan skill siswa dalam pembelajaran perlu ditingkatkan dalam mengembangkan kreatifitas pemimpin kedepan. Dengan pemimpin siswa yang kreatif, maka akan mampu bersaing dengan sekolah maupun pemimpin siswa lain.

Kreativitas adalah proses mental yang melibatkan pemunculan gagasan atau konsep baru, atau hubungan baru antara gagasan dan konsep yang sudah ada. Terdapat beberapa pengertian kreativitas, diantaranya :

  1. Baron (1969) menyatakan bahwa kreativitas adalah kemampuan untuk menghasilkan/menciptakan sesuatu yang baru
  2. Haefele (1962) dalam Munandar, 1999; yang menyatakan kreativitas adalah kemampuan untuk membuat kombinasi-kombinasi baru yang mempunyai makna social
  3. Utami Munandar menerangkan bahwa kreativitas adalah sebuah proses atau kemampuan yang mencerminkan kelancaran, keluwesan (fleksibititas), dan orisinalitas dalam berpikir, serta kemampuan untuk mengelaborasi (mengembangkan, memperkaya, memperinci), suatu gagasan.

Jadi dalam kepemimpinan siswa diperlukan adanya jiwa yang kreatif agar dapat memotivasi teamnya dan mampu mengarahkan menjadi satu hal yang bermanfaat bagi organisasinya.

Diperlukannya kreativitas dalam pendidikan adalah sebuah upaya untuk melakukan kepemimpinan yang berorientasi pada pengembangan yang kreatif dan inovatif. Hal ini didasarkan bahwa setiap siswa atau seorang pemimpin mempunyai potensi yang berbeda-beda yang dapat dikembangkan menjadi individu yang kreatif dan unggul.

Implementasi yang diperlukan adalah bagaimana memotivasi seorang pemimpin agar dapat mengembangkan sendiri keilmuannya, memberikan semangat dan dorongan agar seorang pemimpin dapat melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya.

Seiring dengan kemajuan Tekhnologi & informasi di era eksponensi, maka kebutuhan akan sumber daya manusia semakin meningkat dalam hal kapasitas dan kapabilitas. Kondisi ini menuntut seorang pemimpin
untuk mampu mengembangkan programnya agar dapat mencapai peningkatan mutu anggotanya. Seorang pemimpin dipandang sebagai faktor kunci, karena ia yang berinteraksi secara langsung dengan anggotanya dalam proses pelaksanaan kegiatan organisasinya. Para pemimpin diberikan tanggung jawab yang lebih untuk peningkatan proses dan
kreatifitas di dalam organisasi. Seorang pemimpin yang dinilai baik dan dianggap berkualitas bila pemimpin mempunyai prestasi yang tinggi. Sehingga salah satu penunjang keberhasilan osis adalah pemimpin dan anggota siswa yang kompeten dan professional. Pemimpin dan anggota siswa merupakan dua hal yang saling membutuhkan. Jika pemimpin berhasil membawa kemajuan bagi osis, keuntungan yang diperoleh akan dipetik oleh kedua belah pihak.


Permasalahannya adalah terkadang seorang pemimpin hanya mengekor saja dengan normatif organisasi yang telah tersedia. Menganggap hanya melanjutkan tradisi organisasi yang telah di anutnya dan tidak bisa di otak-atik sekalipun. Seorang pemimpin juga terkadang memiliki jiwa tang terkadang tidak disadari bahwa ia bersikap ‘bossy’ dan tidak memiliki inisiatif padahal tiap orang memiliki potensi sendiri yang berbeda dengan orang lainnya.

Diharapkan di abad 21 ini, seorang pemimpin memiliki jiwa besar, merubah paradigma tidak hanya mampu berteori dan memiliki keilmuan yang luas, tetapi juga harus menanamkan sifat kreatif dan inovatif pada tiap-tiap pemimpin. Pemimpin kreatif adalah pemimpin yang mampu mengubah kesadaran anggotanya untuk berbuat lebih banyak dalam menghadapi permasalahan yang dihadapinya sehingga mampu membantu yang lainnya.

DAFTAR PUSTAKA

http://ambisimeteorum.ngeblogs.com/2010/03/07/definisi-kreativitas-4p-four-ps-creativity/(Diakses tanggal 16 Juni 2010 Pukul 10.00)

http://cetak.bangkapos.com/opini/read/709.html(Diakses tanggal 16 Juni 2010 Pukul 10.00)

http://nucleus-smart.blogspot.com/2010/05/mengembangkan-bakat-kepemimpinan-pada.html(Diakses tanggal 16 Juni 2010 Pukul 10.00)

http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/manajemen/article/view/6072(Diakses tanggal 16 Juni 2010 Pukul 10.00)

Comments
  1. dinil says:

    masa2..remaj sangat bagus tuk memupuk pribadi sebagai pemimpin……..sangat bagus ini di kembangkan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s