Definisi Student Leadership

Posted: June 17, 2010 in Uncategorized
1. Definisi pribadi mengenai “Student Leadership”

“Student leadership” (Kepemimpinan Siswa) merupakan suatu sarana pembekalan bagi setiap siswa-siswi sekolah agar menjadi seorang yang memiliki sikap kepemimpinan yang dibutuhkan oleh sekolah untuk menjalankan tata tertib yang telah dibuat dan dilaksanakan oleh seluruh siswa. Saat ini “student Leadership” sangat dibutuhkan, karena dapat menjadikan siswa mengerti tentang kepemimpinan dalam suatu lembaga atau organisasi dan cara untuk mengamalkan dan mempraktekannya dalam lingkungan sekolah. “Student Leadership” mempunyai manfaat yang sangat besar yakni dapat menjadikan seorang siswa mengerti tentang cara menempatkan dirinya sebagai siswa yang dapat memimpin suatu organisasi dengan baik bagi seluruh warga sekolah, tetapi juga dapat memberikan contoh yang baik untuk siswa lain, tidak hanya itu “Student Leadership” juga dapat membangun kepribadian seorang siswa yang mengerti pentingnya kepemimpinan dalam dunia pendidikan.
“Student Leadership” tidak hanya dapat dilakukan pada masa sekarang tetapi juga masa depan, karena “Student Leadership” juga akan mengalami perkembangan seiring berjalannya waktu. Sebagai seorang siswa kita harus dapat menempatkan diri agar menjadi pribadi yang mengerti tentang kepemimpinan yang erat hubungannya dengan pendidikan di lingkungan sekolah, dan mengerti peranan siswa untuk membangun sifat kepemimpinan agar menjadi generasi yang cerdas dalam memajukan pendidikan khususnya dalam organisasi sekolah yang sangat dekat dengan partisipasi seluruh warga sekolah dan juga manfaatnya untuk kemajuan dalam dunia pendidikan, serta menjadikan siswa semakin cerdas dan berkembang sehingga mampu membawa kemajuan sekolahnya menjadi lebih baik dan selalu berkembang seiring berjalannya zaman bagi dunia pendidikan saat ini dan masa yang akan datang.2. Mengapa ”Student Leadership” dibutuhkan dalam pendidikan

“Student Leadership” dibutuhkan untuk menjadikan setiap siswa mengerti
tentang pentingnya pengetahuan tentang kepemimpinan saat ini, seperti kita tahu setiap lembaga pendidikan mempunyai organisasi yang didalamnya mempunyai anggota yang akan memilih satu pemimpin atau ketua untuk memimpin organiasi tersebut agar mencapai perkembangan yang baik dan signifikan, saat itulah kita sebagai siswa tentunya akan berusaha memilih ketua yang baik dan berdedikasi tinggi dalam memajukan organisasi yang kita ikuti. Sebagai seorang siswa yang mengerti tentang pentingnya suatu struktur organisasi. kita pasti akan selalu mempertimbangkan dampak baik buruknya memilih seorang pemimpin, oleh karenanya saat itulah dibutuhkan seorang yang memiliki kualitas kepemimpinan yang memenuhi kriteria organisasi tersebut, maka secara bersamaan kita akan mengerti salah satu manfaat yang diperoleh jika kita mengerti pengetahuan tentang kepemimpinan.
Contoh diatas merupakan satu dari sekian banyak contoh yang dapat kita ambil untuk membahas tentang pentingnya “Student Leadership” dalam dunia pendidikan saat ini. Tentunya sebagai siswa yang cerdas kita dapat mengamati sendiri dan menyimpulkan manfaat yang diperoleh jika kita mempunyai sifat kepemimpinan yang baik. Banyak alasan yang dapat digunakan untuk melandasi agar kita mengetahui betapa pentingnya “Student Leadership” untuk dunia pendidikan, karena sifat kepemimpinan yang kita peroleh juga akan menimbulkan dampak yang baik untuk diri sendiri, sebagai contoh saat kita menjadi seorang pemimpin suatu organisasi, kita akan belajar tentang pentingnya tanggung jawab, cara mengungkapkan pendapat yang baik dalam sebuah forum, juga memberikan ide kreatif yang dibutuhkan organisasi untuk menjalankan kepentingan anggota, berusaha menjadi pemimpin yang dapat menjadi tauladan bagi anggota, belajar membagi waktu untuk diri sendiri, keluarga, organisasi, berusaha agar seluruh anggota organisasi tidak terpecah belah dan yang tepenting adalah nenjalankan agenda organisasi dengan lancar tanpa hambatan yang berarti, serta hal-hal lain yang berhubungan dengan organisasi.

3. ”Student Leadership” dihubungkan dengan permasalahan siswa saat ini


“Student Leadership” sangat diperlukan oleh seluruh siswa, tidak hanya untuk menjalankan kewajiban sebagai siswa, tetapi juga untuk menyelesaikan masalah-masalah yang timbul dilingkungan sekolah khususnya organisasi yang sebagian besar kegiatannya dilaksanakan oleh siswa sekolah. Sebagai contoh saat seorang siswa berkecimpung didalam suatu organisasi dan menjabat sebagai seorang ketua, maka secara langsung ia harus menjadi orang yang dipercaya sebagai penyelesai masalah yang ada. Dan disitulah dapat kita bedakan seberapa besar manfaat jika kita mempunyai sifat kepemimpinn yang baik, jika seorang pemimpin tersebut mempuyai sikap kepemimpinan ynag baik seperti contoh jujur, berpengetahuan luas, pandai dalam mengambil keputusan dengan memperhatikan dampak yang akan diperoleh, secara otomatis siswa tersebut akan dengan cepat menyelesaikan masalah tersebut tanpa mengorbankan kepentingan pribadi dan anggota, serta ia tidak akan merasa terlalu terbebani dengan jabatannya disuatu organisasi walaupun sebenarnya ada tanggung jawab dan pertimbangan besar yang harus ia selesaikan.
Permasalahan siswa yang berhubungan dengan “Student Leadership” sangat banyak tidak hanya yang berhubungan dengan organisasi tetapi juga yang berhubungan dengan kegiatan diluar sekolah atau kegiatan yang diadakan oleh sekolah, misalnya kita sebagai siswa ditunjuk untuk menjadi delegasi disuatu lomba antar sekolah se-Kabupaten, maka sejak itulah kita telah mempunyai tanggung jawab untuk menjadi juara, sebagai seorang siswa yang mengerti tentang “Student Leadership” kita akan berusaha dengan sungguh-sungguh agar tidak mengecewakan seluruh pihak yang memilih kita untuk mewakili sekolah dengan cara belajar giat, dsb. Berbeda dengan siswa yang memiliki tanggung jawab tetapi tidak mempunyai sifat kepemimpinan yang sesuai, maka ia akan menggunakan waktu luangnya untuk bermain-main tidak untuk belajar atau mungkin hanya memandang sepele tugas yang diberikan seorang guru kepadanya dan tidak memikirkan akibat yang akan ia peroleh sesudahnya, serta penyesalan yang ia rasakan dibelakangnya karena seperti pepatah mengatakan “penyesalan datang diakhir bukan diawal”, dari contoh diatas kita dapat menyimpulkan betapa erat hubungan “Student Leadership” dengan permasalahan siswa saat ini.

4. Himbauan untuk siswa masa depan (Abad 21) dalam menerapkan karakter “Student Leadership” disekolahnya.

Setelah kita mengerti beberapa uraian diatas hendanya kita dapat menyimpulkan manfaat yang kita peroleh jika kita memiliki sifat “Student Leadership” untuk kegiatan kita diliingkungan sekolah. Sebagai siswa kita harus dapat menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain dengan cara yang baik dan sesuai. Untuk itu berusahalah menjadi pribadi yang selalu berusaha menjadi lebih baik dari waktu ke waktu tidak hanya disekolah tetapi juga di manapun kita berada, dan jika kita tidak mengetahui sesuatu berusahalah untuk menjadi seseorang yang mau membuka hati agar orang lain dapat membantu dengan memberikan kritik yang bisa membangun kepribadian kita menjadi lebih baik.
Banyak hal lain yang bisa kita pelajari agar dapat menerapkan “Student Leadership” disekolah, misalnya jika kita mersa kurang mampu untuk menyelesaiakn tugas sekolah kita dapat meminta bantuan kepada kakak kelas atau keluarga dirumah, atau mungkin jika kita marasa kurang begitu pandai kita dapat memulai perubahan cara belajar yang lebih giat dan menyenangkan dengan teman satu kelas atau sahabat kita, kita juga dapat mulai sering membaca buku untuk menambah wawasan, karena buku merupakan gudang ilmu yang dapat kita gunakan untuk menjelajahi dunia agar tidak menjadi siswa tidak mengerti berita terbaru setiap saat. Akan lebih baik jika kita mempunyai seorang teman yang bisa kita jadikan sebagai tolak ukur kemampuan kita agar kita selalu berusaha untuk menjadi lebih baik dan termotifasi untuk selalu berusaha semaksimal mungkin agar tercapai cita-cita yang diinginkan, atau mungkin kita dapat mengembangkan perilaku sehari-hari dengan mencontoh perilaku guru yang sesuai dengan norma keagamaan, kesusilaan . kesopanan, dan norma yang lainya agar kita dapat selalu menjadi siswa yang tidak hanya pandai dalam pelajaran dan organisasi tetapi juga dalam ajaran moral yang sangat menyangkut dengan kehidupan kita di masa sekarang dan masa yang akan datang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s